Sederet Fakta Terkiat Demam pada Kucing yang Bisa Mengancam Nyawa

Sederet Fakta Terkiat Demam pada Kucing yang Bisa Mengancam Nyawa

Sederet Fakta Terkiat Demam pada Kucing yang Bisa Mengancam Nyawa – Tingkah laku kucing yang kerap kali tidak terduga mengakibatkan cat owner menjadi puas dan terhibur. Namun, terkecuali kucing yang kebanyakan aktif menjadi tiba-tiba murung dan diam, anda patut curiga.

Salah satu penyebab yang mungkin terjadi adalah kucing sedang mengalami demam. Cat owner kudu waspada sebab situasi ini bisa menjadi pertanda suatu penyakit atau kasus lain yang bisa membahayakan kucing kesayangan. Supaya anda lebih paham situasi demam terhadap kucing, yuk, simak fakta-fakta di bawah ini!

1. Apakah yang di maksud dengan demam?

VCA Hospitals melansir bahwa demam di definisikan sebagai peningkatan suhu tubuh. Normalnya, suhu tubuh kucing berada pada kisaran 38,1 sampai 39,2 derajat Celsius. Suhu tubuh normal termasuk bisa berada di bawah itu sampai 37,2 derajat Celsius.

Jika suhu tubuh melebihi kisaran tersebut, bermakna kucing mengalami demam. Hal ini bisa jadi alarm yang penting bagi cat owner mengingat demam adalah tandanya tersedia yang tidak beres pada tubuh mereka, layaknya awal timbulnya penyakit.

2. Faktor penyebab demam

Demam di picu oleh keberadaan pyrogen, yakni zat yang sanggup mengolah demam. Ada dua type dari zat tersebut, yakni pyrogen endogen dan eksogen. Lalu apa perbedaannya?

Berdasarkan laporan dari Davies The Veterinary Specialist, pyrogen endogen berasal dari dalam tubuh, layaknya sel-sel sistem imun. Sementara itu, pyrogen eksogen adalah segi yang berasal dari luar tubuh, layaknya agen infeksius atau obat-obatan tertentu.

3. Tanda-tanda kucing mengalami demam

Kucing yang mengalami demam biasanya dapat mengalami perubahan tingkah laku akibat badan yang jadi tidak sehat. Di lansir WebMD, tanda-tanda umum dari situasi selanjutnya adalah nafsu makan dan minum turun, dehidrasi, lemah, bersembunyi, menggigil dan napas cepat, dan juga depresi.

Jika cat owner mendapati kucing mengalami tanda-tanda di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter hewan. Ingat, jangan cobalah membuat sembuh sendiri, ya!

4. Cara memastikan kucing menderita demam

Demam tidak bisa di ketahui hanya dari menyentuh badan kucing. Sebab, pada dasarnya suhu mereka normalnya lebih tinggi dari manusia, sehingga tubuhnya akan terasa lebih hangat jika di sentuh.

Di lansir WebMD, cara akurat untuk mengetahui demam adalah dengan mengukur suhu rektal. Pakailah termometer digital yang bisa di beli di apotek atau toko alat kesehatan. Berikan sedikit pelumas pada ujungnya dan masukkan ke dalam anus kucing.

Usahakan ada orang lain yang membantu untuk memegangi tubuh mereka agar termometer tak terlepas sebelum waktunya. Setelah selesai, bersihkan termometer dengan kapas beralkohol.