Sederet Fakta Menarik Terkait Leopard Cat, Karnivor Imut Asli dari Asia

Sederet Fakta Menarik Terkait Leopard Cat, Karnivor Imut Asli dari Asia

Sederet Fakta Menarik Terkait Leopard Cat, Karnivor Imut Asli dari Asia – Leopard cat atau dalam bahasa Indonesia di sebut kucing kuwuk atau kucing congkok, merupakan spesies kucing liar berukuran kecil asli Asia. Sepintas mereka mirip kucing peliharaan, cuma saja telinganya bulat, mata lebar, dan bulu berbintik layaknya macan tutul.

Tahukah kamu bahwa mereka tidak benar satu satwa karnivor yang paling banyak tersebar di Asia? Zaman dulu, mereka juga sempat di domestikasi manusia, lho. Simak beberapa fakta menarik leopard cat yang wajib kamu tahu, berikut ini!

1. Seukuran kucing peliharaan

Biarpun serupa kucing peliharaan, leopard cat punya ciri khas yang dapat terlihat jika di perhatikan baik-baik. Kepala mereka bulat bersama dengan moncong pendek. Telinganya terhitung condong melingkar. Warna bulu dan pola bintik-bintiknya menyerupai saudara jauhnya yang berukuran lebih besar, yakni macan dahan.

Ukuran tubuh leopard cat bervariasi. Mereka yang tinggal di lokasi utara bersama dengan iklim dingin berukuran lebih besar dan berat. Di catat Cat Specialist Group, leopard cat dapat punya berat pada 1,6 kilogram hingga maksimal 8 kilogram.

Warna bulu mereka terhitung bervariasi mengikuti area tinggalnya. Mereka yang tinggal di lokasi tropis berwarna cokelat kekuningan, sementara yang tinggal di area dingin berwarna cokelat keabu-abuan.

2. Karnivor yang paling banyak tersebar di Asia

Leopard cat jadi tidak benar satu karnivor yang paling banyak tersebar di Asia. Menurut laman Animalia, anda bisa menemukan mereka di lebih dari satu negara Asia Tenggara, Asia Timur, dan Asia Selatan. Dan, ya! Kucing ini tersedia di Indonesia.

Mereka ini tidak benar satu style kucing liar di genus Prionailurus. Genus ini termasuk spesies-spesies kucing liar berukuran kecil asli Asia layaknya fishing cat atau kucing bakau, flat-headed cat atau kucing tandang, dan rusty spotted cat, si kucing terkecil di dunia.

3. Leopard cat di Indonesia adalah spesies tersendiri

Dari beberapa subspesies leopard cat, mereka yang menduduki lokasi Indonesia dan Filipina di akui sebagai spesies tersendiri pada 2017 lalu. Di lansir laman Cat Expeditions, perbedaan genetik yang tersedia membuatnya di klasifikasikan secara khusus sebagai Sunda leopard cat atau Prionailurus javanensis.

Sunda leopard cat bisa anda temukan di pulau Kalimantan, Sumatra, Jawa, dan lain-lain. Mereka bisa beradaptasi bersama dengan baik sekalipun di lokasi yang sudah di modifikasi manusia seperti perkebunan kelapa sawit.