Sebagai Seorang Manajer Kamu Harus Tahu Tanda-Tanda Berikut Menunjukkan Karyawan Kehilangan Semangat Kerja

Sebagai Seorang Manajer Kamu Harus Tahu Tanda-Tanda Berikut Menunjukkan Karyawan Kehilangan Semangat Kerja

Sebagai Seorang Manajer Kamu Harus Tahu Tanda-Tanda Berikut Menunjukkan Karyawan Kehilangan Semangat Kerja

Seperti yang kita tahu dunia kerja memang tidak selalu indah. Tuntutan dari para atasan atau deadline yang tidak ada habisnya adalah salah satu faktor karyawan jadi merasa selalu tertekan. Apalagi jika hasil pekerjaan yang mereka kerjakan kurang di apresiasi. Hal seperti ini pastilah akan membuat motivasi bekerja mereka jadi lenyap.

Sebagai seorang manajer, tentu kita harus lebih peka dan paham akan permasalahan seperti ini agar masalah seperti ini bisa cepat di atasi. Jika tidak, bisa jadi masalah ini akan berdampak pada hasil pekerjaan. Di kutip dari laman cjoutback.com, berikut ini tanda-tandanya bahwa karyawan sudah mulai kehilangan motivasi untuk bekerja.

1. Memulai hari dengan perasaan yang berat karena tidak memilki semangat kerja

Di kutip dari laman Daftar IDN Poker77, kehilangan motivasi akan berdampak pada hasil pekerjaan yang tidak maksimal. Tidak ada lagi ambisi atau keinginan untuk menjadi karyawan terbaik di kantor. Bagi mereka semua akan tampak biasa saja, alias bekerja hanya cukup seperlunya saja tanpa mengeluarkan effort lebih pada sesuatu yang mereka kerjakan.

Saking beratnya, mengawali hari pun terasa sangat melelahkan bagi mereka. Kehilangan semangat bekerja bisa membuat ritme kerja dalam tim jadi kacau dan tidak lagi beraturan.

2. Cenderung pasif dan terkesan acuh. Merasa tak bersemangat dan banyak menyendiri

Karyawan tidak lagi aktif bahkan terlihat ogah-ogahan. Lebih terkesan acuh dan tidak perduli lagi dengan situasi kantor. Jika ada meeting atau evaluasi, memilih untuk pasif dan mengikuti arus yang ada saja.

Atau ketika di tanya soal pendapat, enggan berkontribusi lebih untuk memeberikan ide karena semangat bekerja sudah turun.

3. Mulai cari lowongan kerja di tempat lain, karena pekerjaan saat ini tidak lagi sesuai passion

Karena sudah tidak cocok, diam-diam sering cari lowongan kerja di tempat lain. Merasa bahwa pekerjaan sekarang tidak lagi sesuai passion. Atau tidak ada status yang jelas untuk kenaikan karier. Daripada di paksa untuk bertahan, lebih baik mencari pekerjaan baru yang sesuai dengan keinginan.

4. Mencari alasan untuk menghindari acara kantor atau kumpul bareng teman-teman

Karyawan yang kehilangan motivasi kerja enggan menghadiri acara kantor. Jika ada kesempatan kumpul-kumpul, lebih memilih menghindar karena sudah tidak satu frekuensi. Atau memberikan berbagai macam alasan supaya tidak datang.

Seorang manajer harus peka dan menemukan solusi tebaik karena penyebabnya bisa saja dari internal kantor atau lingkungan kerja yang tidak sehat.

5. Mulai menunda pekerjaan. Di satu sisi ingin resign karena tak betah, tapi dilema akan tanggung jawab

Minat kerja setengah-setengah tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Akibat hilangnya motivasi, jadi sering menunda pekerjaan. Terkadang jadi dilema apakah harus segera resign, namun di sisi lain terbentur akan tanggung jawab.

Perasaan tertekan dan stres tidak boleh di biarkan berlarut. Konsultasikan pada orang lain untuk menemukan solusi yang tepat.

Itulah beberapa tanda karyawan sudah kehilangan motivasi kerja. Jika karyawan terus mengeluh, mungkin sudah saatnya untuk melepaskan dan mencari yang baru.