‘Pet Effect’, Ini 9 Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

'Pet Effect', Ini 9 Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

‘Pet Effect’, Ini 9 Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

Mengelus kucing yang tertidur di pangkuan sambil mendengarkan dengkurannya atau bermain dengan anjing peliharaan di rumah bisa jadi aktivitas menyenangkan bagi hewan peliharaan dan pemiliknya. Sekadar mengelus hewan peliharaan pun bisa mengurangi stres. Bahkan, manfaatnya pun terbukti secara ilmiah, lho!

Para peneliti telah mempelajari manfaat memiliki hewan peliharaan dan menyebutnya sebagai “pet effect”. Di lansir dari laman cjoutback.com, berikut ini adalah 4 manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat dari menyayangi dan merawat binatang peliharaanmu.

1. Mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular

Di kutip dari laman Poker Deposit Pulsa 10000 Tanpa Potongan, menurut sebuah studi dalam “The American Journal of Cardiology Volume 76, Issue 17” tahun 1995, disebutkan bahwa koneksi antara hewan peliharaan dengan pemiliknya mampu meningkatkan kemungkinan bertahan hidup para pasien penyakit arteri koroner.

Dari 369 pasien, 112 pasien yang memiliki anjing dilaporkan lebih mungkin bertahan hidup dalam kurun waktu 1 tahun ketimbang pasien yang tidak memiliki anjing.

2. Menjauhkan seseorang dari tekanan darah tinggi

Jurnal berjudul “The ‘pet effect’: physiological calming in the presence of canines” yang diterbitkan dalam jurnal “Society & Animals” mencoba mencari tahu koneksi dari hewan dan pemiliknya dalam segi mental.

Keseluruhan data yang didapat adalah, interaksi antara anjing dengan partisipan studi mampu mengurangi kadar stres, yang mana itu berhubungan dengan tekanan darah dan detak jantung.

3. Membantu orang-orang dengan autisme dalam berinteraksi

Kamu pasti mengetahui bagaimana perilaku orang-orang dengan gangguan spektrum autisme. Menurut sebuah ulasan di laman Human Animal Bond Research Institute (HABRI), disebutkan bahwa hewan peliharaan dapat membantu pasien autisme untuk bersosialisasi serta mengembangkan kepercayaan dirinya.

Secara langsung, hewan-hewan tersebut membuat mereka merasa penting karena diserahi tanggung jawab untuk merawatnya.

4. Mencegah kekambuhan alergi

Dalam sebuah studi berjudul “The role of cats and dogs in asthma and allergy – a systematic review”. Yang di muat dalam “International Journal of Hygiene and Environmental Health” tahun 2010. Peneliti mengobservasi bagaimana kucing dan anjing tidak menyebabkan kekambuhan gejala asma atau bersin-bersin pada orang-orang yang sudah terpapar sejak dini.

Selain itu, ada pula data yang mengatakan bahwa eksposur dengan anjing sejak masih dalam kandungan. Dapat melindungi anak-anak nantinya dari sensitivitas terhadap alergen dari udara (aeroallergens).