Inilah Tips Untuk Kembali Semangat Saat Semua Tidak Berjalan Lancar

Inilah Tips Untuk Kembali Semangat Saat Semua Tidak Berjalan Lancar

Inilah Tips Untuk Kembali Semangat Saat Semua Tidak Berjalan Lancar

Sebagai manusia, terutama yang terlahir sebagai generasi muda, ada saat di mana kita merasa begitu bersemangat. Lalu ada pula, saat di mana kita merasa buntu, bingung harus melakukan apa, dan bertanya-tanya apakah yang kita lakukan ini efektif atau tidak. Di tambah lagi, di lansir dari laman cjoutback.com, saat ini di media sosial sangat banyak yang memamerkan pencapaian-pencapaian dari orang lain di luar sana yang luar biasa. Sehingga hal ini membuat kita kerap membanding-bandingkan diri dengan yang lain dan merasa banyak memiliki ketertinggalan.

Di kutip dari laman Daftar IDN Poker77, ketika kita berada dalam fase ‘buntu’, kadang tidak mudah bagi kita untuk kembali mendapatkan semangat dan kembali melakukan rutinitas. Terlebih, jika yang kita lakukan tidak juga membuahkan hasil. Ujung-ujungnya, kita jadi stres dan berakhir tidak bisa melakukan apa pun.

Sangat boleh jika kita ingin mengambil ‘jeda’ sejenak, tapi bagaimana jika kita ‘keasyikan’ berdiam diri di dalam ‘jeda’ tersebut? Entah itu karena bingung hendak memulai lagi dari mana, atau memang karena sudah benar-benar hilang semangat.

Agar tidak terjebak dalam ‘jeda’ berkepanjangan, berikut tiga hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan semangatmu saat kamu merasa stuck dan tak berselera melakukan apa pun.

1. Menangis

Saat kamu stuck dan merasa usahamu tidak lagi berguna, kamu boleh meluapkan segala emosi negatif yang kamu rasakan dengan menangis. Di lansir healthline, air mata emosi yang kamu hasilkan mengandung hormon stres dan racun-racun lainnya.

Menangis juga membuat kita menghirup udara sejuk dengan cepat. Hal itu dapat mengatur dan menurunkan suhu otak sehingga suasana hati bisa menjadi lebih baik.

2. Pergi ke suatu tempat dan berbicara dengan diri sendiri

Wajar untuk merasa bosan, jika kita terus-terusan di hadapkan dengan rutinitas. Maka dari itu, kamu bisa keluar sejenak dan pergi menenangkan diri ke suatu tempat yang jarang tersentuh oleh rutinitasmu. Sebagai contoh, kamu bisa berjalan-jalan sendirian di taman sembari berbicara dengan dirimu sendiri. Pikirkan hal-hal yang kamu sukai terlebih dahulu, lalu hal-hal kecil yang bisa kamu syukuri, dan berlanjut hingga hal-hal apa saja yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari zona stuck kamu.

Tanamkan dalam benakmu bahwa tak masalah jika usahamu saat ini belum terlihat menghasilkan apa-apa. Yang penting kamu fokus dan konsisten dengan apa yang kamu yakini, sambil terus meningkatkan kualitas diri. Terkadang, apa yang kita lakukan tidak secara langsung membawa kita pada tujuan. Akan tetapi, dengan terus berusaha, akan datang ‘pertolongan-pertolongan’ tak terduga yang akhirnya membimbing kita sampai pada tujuan.

Selalu ingat bahwa setiap orang memiliki garis start yang berbeda-beda. Jika dirimu belum bisa mencapai apa yang orang lain peroleh, bukan berarti kamu tak berkompeten. Hanya saja, barangkali orang tersebut memiliki akses yang memudahkan mereka, sedangkan kamu belum dan harus berjuang lebih keras lagi.

3. Melakukan sesuatu yang menyenangkan

Setelah merasa lebih baik dengan pikiran-pikiran positif yang kamu tanamkan dalam dirimu, kamu tidak harus langsung menyelami rutinitas kembali. Lakukanlah hal-hal ringan yang menyenangkan, seperti makan es krim atau melihat konten-konten inspiratif di media sosial.

Pada fase ini, kamu harus menciptakan batasan yang tegas. Jangan sampai keterusan scrolling media sosial hingga berjam-jam atau menonton belasan episode drama Korea.