Inilah Deretan Hewan yang Ternyata Omnivor, Termasuk Ikan Piranha

Inilah Deretan Hewan yang Ternyata Omnivor, Termasuk Ikan Piranha

Inilah Deretan Hewan yang Ternyata Omnivor, Termasuk Ikan Piranha

Inilah Deretan Hewan yang Ternyata Omnivor, Termasuk Ikan Piranha – Hewan omnivor biasanya di ambil kesimpulan sebagai hewan pemakan daging dan tumbuhan. Hal itu memang benar, tetapi definisi yang lebih tepat memang adalah hewan yang tubuhnya bisa menyerap nutrisi dari daging hewan lain maupun tumbuhan.

Berdasarkan definisi tersebut, sejenis hewan tak bisa serta-merta disebut omnivor hanya sebab mereka makan daging dan tumbuhan. Itulah kenapa kucing tidak di sebut omnivor meski kadang mereka makan rumput. Sebab, tubuh mereka tak bisa menyerap nutrisi darinya. Kucing hanya mengonsumsinya untuk menghilangkan parasit di usus.

Sesuai definisi tersebut pula, banyak hewan yang di sangka karnivor atau herbivor ternyata adalah omnivor. Mereka pemakan daging dan tumbuhan, tubuhnya pun bisa menyerap nutrisi tersebut. Di kutip dari laman idn poker ios, inilah deretan hewan tersebut.

1. Ikan piranha

Piranha sering di akui sebagai ikan ganas yang akan menyerang manusia atau hewan lain yang masuk ke habitat mereka. Pandangan itu sangat umum, tapi sebetulnya tidak tepat. Piranha sebetulnya sanggup memangsa hewan yang lebih besar dari mereka, tapi cuma kecuali mangsanya itu sudah mati atau sekarat.

Sebagian besar hewan yang menjadi makanan piranha adalah ikan, krustasea, cacing, serangga, dan mamalia kecil. Bahkan, beberapa spesies mereka juga omnivor yang bahagia makan buah-buahan, biji-bijian, dan juga daun. Jelaslah, analisis bahwa piranha adalah ikan karnivor yang ganas tidak seluruhnya benar.

2. Hiu kepala sekop

Selain piranha, ikan hiu terhitung miliki reputasi sebagai pemakan daging yang ganas. Lagi-lagi, perihal itu tak tetap benar. Spesies hiu kepala sekop (Sphyrna tiburo), contohnya, ternyata terhitung omnivor yang mengonsumsi daging dan tumbuhan.

Bahkan, laman Smithsonian menyebut bahwa makanan hiu kepala sekop lebih dari satu besar adalah tumbuhan. Diet mereka terdiri berasal dari 60 % rumput laut, di samping hewan lain seperti ikan, krustasea, dan siput. Fakta itu baru di ketahui terhadap th. 2018. Mereka jadi spesies hiu pertama yang di identifikasi sebagai omnivor.

3. Biaiwak gray

Biawak juga banyak di kenal sebagai kadal karnivor sejati, tapi sebenarnya ada pula spesiesnya yang juga suka makan tumbuhan. Salah satunya adalah biawak gray (Varanus olivaceus) yang merupakan hewan endemik Filipina. Biawak ini berukuran cukup besar, dengan panjang hingga 1,8 meter dan berat 9 kilogram.

Makanan biawak gray mencakup buah-buahan serta hewan kecil seperti kepiting, siput, laba-laba, serangga, hingga telur. Di lansir laman Biocyclopedia, mereka kemungkinan berevolusi menjadi omnivor karena kalah bersaing dengan biawak air asia (Varanus salvator) yang berbagi habitat dengannya namun lebih unggul sebagai predator.