Ingin Tahu Kerjaanmu Sesuai Dengan Job Desc atau Tidak? Ini Caranya!

Ingin Tahu Kerjaanmu Sesuai Dengan Job Desc atau Tidak? Ini Caranya!

Ingin Tahu Kerjaanmu Sesuai Dengan Job Desc atau Tidak? Ini Caranya!

Ingin Tahu Kerjaanmu Sesuai Dengan Job Desc atau Tidak? Ini Caranya! – Portal lowongan kerja adalah salah satu langkah termudah bagi para pencari kerja di karenakan hal tersebut di lakukan secara online. Selain gampang dan cepat, banyak sekali informasi yang di tawarkan oleh perusahaan, mulai dari job desc, gaji per bulan, sampai fasilitasnya.

Namun, di lansir dari laman cjoutback.com, sering kali ada lebih dari satu orang yang mendapati penjabaran tugas di dalam portal, tidak sama dengan yang seharusnya. Di kutip dari laman Daftar IDN Poker77, yuk, simak bersama langkah mengetahui job desc di portal kerja dari para HRD sesuai dan tidak menjerumuskan!

1. Mencari tahu gambaran umum soal pekerjaan di internet atau berbagai sumber lain

Melalui wawancara secara daring pada Kamis (17/12/2020) lalu, Karoline A. Sinaga, M.Psi, Psi. sebagai HR Practitioner & Psychologist, menganjurkan kita untuk mencari sadar lebih lengkap soal pekerjaan tersebut. Cara mudahnya adalah mencari melalui Google.

“Saat melihat suatu lowongan gitu, misalnya jadi Tax Staff gitu, di cari tahu saja Tax Staff itu biasanya kerjaannya ngapain sih. Pas gak sih general job desc yang ada di Google sama yang tertulis di situ?” katanya.

2. Tanyakan langsung pada saat interview

Setelah mencari tahu lewat internet, kita bisa langsung bertanya pada HRD perusahaan yang bersangkutan. Ini demi mengonfirmasi ulang informasi yang selama ini kita pahami dengan yang kita dapat dari internet dan dengan praktiknya di perusahaan.

Momen yang tepat untuk mengajukan pertanyaan ini adalah saat mendapat panggilan interview langsung dari HRD atau saat interview itu sendiri. “Pada saat interview atau saat di-approach oleh HRD untuk janjian interview, gak ada salahnya kita nanya mengenai job desc-nya gitu. Apakah job desc yang tertulis itu, sesuai dengan yang akan di kerjakan nantinya,” tutur Karoline.

Hal senada juga di sebutkan oleh Albert Mahendra, HR Officer Jakmall.com, melalui wawancara secara daring pada Jumat (4/12/2020) lalu. “Solusinya, sih, tanyakan pada saat interview. Pada saat interview, baik pada saat interview HR dan interview user, tanyakan semua mengenai posisi yang kamu lamar sampai ke detail-detailnya,” kata dia.

3. Kesempatan mengonfirmasi langsung informasi tersebut ibarat hubungan mutualisme. Jadi, jangan ragu bertanya!

Hubungan mutualisme yang di maksud adalah di saat kita membutuhkan pekerjaan, maka perusahaan pun membutuhkan tenaga kerja. Gambaran hubungan ini di paparkan oleh Karoline.

“Lowongan pekerjaan itu sama-sama butuh sifatnya. Jadi, perusahaan butuh talent, kita sebagai applicant juga butuh kerjaan di perusahaan. Mereka nanti akan nanya-nanya, ya kita juga boleh nanya. Gak masalah gitu. Ini pertanyaan yang boleh di tanya pada saat interview atau pada saat janjian telepon oleh HR. Di tanya aja, gak masalah,” dukungnya.