Binatang Langka Ini Sempat Di Kira Makhluk Misterius Dan Buat Geger

Binatang Langka Ini Sempat Di Kira Makhluk Misterius Dan Buat Geger

Binatang Langka Ini Sempat Di Kira Makhluk Misterius Dan Buat Geger

Kemunculan sesosok makhluk misterius sempat terjadi dua kali dan membuat geger warga di Pulau Sumatera. Setelah di usut, makhluk misterius tersebut rupanya adalah hewan langka. Di lansir dari laman cjoutback.com, makhluk misterius tersebut pertama muncul di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, pada 2020. Saat itu, warga sekitar di buat heboh karena banyaknya ternak mereka yang mati mendadak dengan kondisi darah terisap habis.

“Darahnya saja di hisap. Sama bagian dalam tubuh di makan,” ucap Bupati Taput Nikson Nababan.

Di kutip dari laman Daftar IDN Poker77, beliau kemudian menggelar sebuah sayembara, berhadiah uang Rp 10 juta bagi warga yang bisa menemukan kebenaran dari makhluk misterius penyebab matinya hewan ternak tersebut. Tim gabungan dari TNI-Polri, Pemkab, hingga BKSDA juga di bentuk untuk membantu dalam menyelidiki peristiwa ini.

Misteri matinya hewan-hewan ternak para warga dengan kondisi darah terisap itu juga sempat di kaitkan oleh warga sekitar dengan makhluk gaib homang. Peristiwa yang sama di sebut telah terjadi berturut-turut sejak 2017 dan belum pernah terungkap.

Penyelidikan terus di lakukan oleh tim yang di bentuk sebelumbya. Warga setempat di sebut mengaku sempat melihat hewan berbulu hitam berkeliaran di kawasan hutan. Tim tersebut kemudian memasang CCTV dan akhirnya sosok makhluk yang selama ini membuat warga geger terekam oleh kamera cctv.

Berdasarkan rekaman CCTV yang di lihat, hewan tersebut berkaki empat, berwarna hitam dengan ekor panjang berjalan di antara semak-semak dari dalam kawasan hutan.

Ciri-ciri hewan tersebut mirip dengan binturong. Hal itu juga sesuai dengan keterangan sejumlah warga yang melihat hewan mirip musang di hutan sekitar lokasi puluhan ternak mati. Binturong sendiri merupakan hewan yang masuk kategori terancam punah.

Makhluk Misterius di Sumbar

Sempat bikin geger warga di Agam, Sumatera Barat (Sumbar), makhluk itu di sebut berwarna hitam dan berbau busuk.

Warga merasa resah setelah salah seorang warga atas nama Darwis melihat makhluk itu. Berdasarkan keterangan Darwis, kata Khairul, makhluk misterius itu berwarna hitam dan berbau busuk.

“Darwis melihat makhluk itu berwarna hitam dan berbau busuk saat pulang dari warung,” kata beliau.

Petugas resor KSDA Agam kemudian memasang kamera perangkap di tiga wilayah untuk mengetahui makhluk yang di maksud warga. Tiga kamera itu di pasang di lokasi di temukannya jejak di duga makhluk misterius tersebut.

“Tiga kamera penjebak itu kita pasang di tempat munculnya dan lokasi jejak di temukan,” kata Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Agam, Ade Putra, di Lubukbasung.

Upaya tersebut kemudian membuahkan hasil. Makhluk misterius itu terekam kamera. Setelah dicek, makhluk tersebut ternyata beruang madu atau dalam bahasa Latin, Helarctos malayanus.

“Baru saja kita membuka dan membongkar rekaman camera trap yang sebelumnya di pasang. Jadi sudah di pastikan bahwa makhluk yang membuat heboh itu adalah satwa beruang madu,” kata Kepala BKSDA Agam, Ade Putra.

Hewan itu terekam melintas di Jorong Pasa Palembayan, Nagari Ampek Koto. Jorong Pasa Palembayan merupakan satu dari tiga lokasi pemasangan camera trap. Dua lainnya di pasang di daerah Lakuak Jorong Palembayan Tangah.

“Berdasarkan hasil rekaman berupa video dan foto, satwa (itu) adalah berupa beruang madu,” kata Ade.

Beruang madu sendiri masuk dalam status ‘vulnerable’ alias rentan dalam situs IUCN. Kategori ini merupakan urutan ke-5 sebelum suatu spesies di nyatakan punah. Beruang madu juga masuk satwa di lindungi di Indonesia.