Berikut Ini Sederet Fakta Menarik terkait Nyala, si Antelop Besar dari Afrika

Berikut Ini Sederet Fakta Menarik terkait Nyala, si Antelop Besar dari Afrika

Berikut Ini Sederet Fakta Menarik terkait Nyala, si Antelop Besar dari Afrika – Nyala merupakan tidak benar satu satwa unik yang cuma sanggup anda temukan di Afrika. Mereka ini sejenis antelop bertanduk spiral yang duduki dataran rendah Afrika anggota tenggara. Tampilan nyala jantan terlampau unik dan khas. Gak cuma bertanduk spiral, mereka terhitung bersurai. Bagian bawah kakinya pun berwarna kuning cerah.

Tahukah anda jika nyala jantan muda condong sama betina supaya tidak di serang jantan dewasa yang berkuasa? Simak beberapa fakta menariknya berikut ini!

1. Antelop asli Afrika

Nama nyala merujuk pada spesies antelop bertanduk spiral yang tinggal di dataran rendah Afrika. Menurut laporan dari Animalia, anda sanggup mendapatkan mereka di bagian tenggara Afrika, mulai dari Malawi, Mozambik, dan Zimbabwe, hingga bagian timur Afrika Selatan dan Eswatini.

Mereka memilih daerah tinggal bersama kualitas padang rumput yang baik dan sedia kan lumayan air tawar. Di habitatnya, nyala makan dedaunan, buah-buahan, bunga, dan ranting. Sementara sementara musim hujan, mereka bahagia makan rerumputan segar.

2. Jantan dua kali lipat lebih besar

Nyala jantan berukuran nyaris dua kali lipat lebih besar dari betina. Di catat laman Hluhluwe Game Reserve, mereka punya bobot antara 92-126 kilogram. Tingginya sanggup menggapai 110 sentimeter, tidak juga tanduk spiralnya yang sanggup tumbuh sampai 65-70 sentimeter.

Sementara itu, bobot betina cuma berkisar 55-68 kilogram bersama dengan tinggi sekitar 90 sentimeter saja. Berbeda dari pejantan, betina gak menumbuhkan tanduk mirip sekali.

3. Alami dimorfisme seksual

Nyala jantan dan betina kelihatan sangat berbeda, bahkan bisa membuatmu mengira kalau mereka bukan dari spesies yang sama. Mereka mengalami dimorfisme seksual di mana jantan dan betina pada satu spesies memiliki karakteristik yang berbeda.

Nyala jantan cenderung berwarna cokelat keabu-abuan. Mereka juga punya semacam surai yang tumbuh di bagian atas kepala sampai punggung dan di leher sampai perut. Bagian bawah kakinya berwarna kuning cerah. Ujung tanduk spiralnya pun berwarna kuning juga bila kamu perhatikan.