5 Manfaat Pelihara Kucing Yang Bisa Kamu Dapatkan

5 Manfaat Pelihara Kucing Yang Bisa Kamu Dapatkan

5 Manfaat Pelihara Kucing Yang Bisa Kamu Dapatkan

5 Manfaat Pelihara Kucing Yang Bisa Kamu Dapatkan –  Kucing adalah salah satu hewan peliharan yang paling populer di dunia selain anjing. Tingkah polahnya yang lucu dan menggemaskan membuat banyak orang memutuskan memelihara kucing.

Namun ternyata studi ilmiah Daftar Poker IDNPlay pun menemukan beragam manfaat memelihara kucing, baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Salah satunya bisa membantu menurunkan tekanan darah. Lalu, apa saja manfaat lainnya? Yuk, simak Ulasan berikut ini!

1. Mengurangi tingkat stres 

Ketika kamu tengah mengalami depresi dan stres, kucing bisa menjadi obat untuk memperbaiki kondisi mental dan pikiranmu. Banyak penelitian yang telah menyebutkan bahwa memelihara kucing dapat membantumu meminimalisir rasa stres dan cemas.

Tingkah kucing yang menggemaskan seringkali membuat kita tertawa, sehingga hormon serotonin (hormon perasaan senang) dan hormon oxytocin (hormon perasaan cinta) akan meningkat dalam otak dan membuatmu merasa bahagia. Kemudian, hormon penyebab stres yang bernama kortisol pun dapat menurun. Kamu bisa bermain dengan kucing sekitar 15 sampai 30 menit, maka suasana hatimu dapat menjadi lebih baik. 

2. Meminimalisir risiko penyakit jantung 

3. Membangun kepercayaan terhadap orang lain 

Kucing bisa dibilang sebagai hewan yang manja dan mampu menciptakan komunikasi yang baik dengan pemiliknya. Sifat seperti ini bisa menjadi restoratif tersendiri untuk kamu dalam menjalin hubungan sosial dengan lingkungan sekitar. Memelihara kucing dapat membangun kepercayaanmu kepada orang lain, sehingga kamu mampu bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik dalam masyarakat.

4. Membuat kualitas tidur lebih baik 

Beberapa penelitian di Inggris menemukan bahwa orang (terutama wanita) lebih suka tidur dengan kucing daripada pasangan mereka.

Hal tersebut pun dibenarkan dalam sebuah penelitian dari Mayo Clinic Center untuk Sleep Medicine. 41 persen orang dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa mereka tidur lebih pulas dengan kucing, sementara 20 persen orang lainnya mengindikasikan bahwa mereka justru mendapatkan gangguan ketika tidur dengan kucing.

5. Membantu menurunkan tekanan darah 

Frekuensi kucing yang dihasilkan dari dengkurannya ternyata dapat menurunkan tekanan darah. Frekuensi ini telah diteliti dan diyakini memiliki sifat penyembuhan bagi kucing itu sendiri, dan bahkan manusia yang ada di sekitarnya.

Frekuensi dengkuran kucing berada dalam rentang suara yang terapeutik (terapi) sehingga dapat melemaskan saraf manusia. Hal itulah yang membuat kamu dapat merasa lebih relaks dan nyaman saat bersantai dengan kucing, karena tingkat stres dan tekanan darahmu menurun.