Sederet Fakta Terkait Liger, Hibrida Antara Singa dan Harimau yang Unik

Sederet Fakta Terkait Liger, Hibrida Antara Singa dan Harimau yang Unik

1. Merupakan hibrida singa jantan dan harimau betina

5 Fakta Liger, Hibrida Singa dan Harimau yang Unik
Ketika singa jantan di biakkan dengan harimau betina, seekor liger akan lahir. Hewan yang namanya merupakan kombinasi dari lion dan tiger ini hanya di miliki pihak dan kebun binatang tertentu.

Nah, alasan mengapa mereka tidak di temukan di alam liar cukup sederhana. Mengutip Frontiers for Young Minds, singa dan harimau tidak pernah bertemu di alam liar mengingat mereka memiliki habitat yang berbeda. Kalaupun bertemu, laman National Geographic menjelaskan bahwa harimau yang berusaha kawin akan di kejar oleh kelompok singa, begitu juga sebaliknya. Jadi, dapat di simpulkan bahwa liger lahir dari perkawinan secara tidak sengaja dan upaya perkembangbiakan di kebun binatang.

Sebagai catatan, liger jantan steril dan tidak dapat bereproduksi. Di sisi lain, liger betina bisa melahirkan anak. Bahkan, liger betina dapat kawin dengan singa jantan dan menghasilkan hibrida lainnya, yaitu liliger (lion dan liger).

2. Ukurannya sangat besar!
5 Fakta Liger, Hibrida Singa dan Harimau yang Unik

Ciri fisik liger yang paling mencolok adalah ukuran tubuhnya yang sangat besar. Di catat Fact Animal, panjang tubuh mereka mencapai 3.6 meter. Berat badannya dapat melebihi 400 kilogram. Artinya, badan mereka lebih besar dan berat di bandingkan kedua orangtuanya yang berbeda spesies. Menariknya, liger di percaya memiliki kecepatan berlari mencapai 80 kilometer per jam. Sulit untuk di bayangkan!

Sayangnya, ukuran liger memiliki dampak terhadap kesehatan hewan itu. Mereka sering mengalami obesitas karena kurangnya aktivitas fisik. Hal ini di sebabkan oleh kandang dan ruang gerak liger yang sempit atau tidak memadai.

3. Kebalikannya adalah tigon
5 Fakta Liger, Hibrida Singa dan Harimau yang Unik

Tigon dapat di katakan sebagai kebalikan dari liger. Sebab, tigon adalah hibrida dari persilangan singa betina dan harimau jantan.Yup, namanya pun juga di ambil dari spesies orangtuanya, yaitu tiger dan lion.

Berbeda dari liger yang berukuran besar, tigon justru memiliki tubuh yang berukuran sama atau bahkan lebih kecil di bandingkan orangtuanya. Menurut Down To Earth, tigon betina dapat di kawinkan dengan singa jantan untuk menghasilkan litigon (lion dan tigon).