Sederet Fakta Menarik terkait Papillon, yang Punya Surai Mirip Kupu-kupu

Sederet Fakta Menarik terkait Papillon, yang Punya Surai Mirip Kupu-kupu

Sederet Fakta Menarik terkait Papillon, yang Punya Surai Mirip Kupu-kupu – Anjing merupakan keliru satu kawan dekat terbaik manusia. Itu kenapa banyak orang menjadikan mereka sebagai hewan peliharaan. Tak hanya untuk membantu beberapa perkerjaan layaknya berburu dan menggembala.

Ada termasuk beberapa ras anjing yang lebih cocok sebagai teman. Hal ini tidak terlepas gara-gara kelucuan mereka. Umumnya anjing yang di jadikan rekan ini punya ukuran tubuh relatif kecil di bandingkan ras anjing lainnya.

Jika anda suka dengan jenis anjing yang relatif kecil, maka papillon kudu hadir di kehidupanmu! Sebelum mengadopsi, tersedia baiknya mengenal mereka lebih dalam, ya!

1. Memiliki telinga besar dan surai yang mirip kupu-kupu
6 Fakta Menarik Papillon, Anjing dengan Surai Mirip Kupu-kupupapillon (pixabay.com/birgl)

Aspek paling ikonik dari papillon adalah bentuk telinga mereka yang besar dan berjumbai, di tambah lagi dengan surai yang melingkari pipi dan dagunya. Jika di perhatikan, bentuk telinga dan surai ini membuat papillon jadi mirip kupu-kupu.

Fitur wajah inilah yang menjadi dasar penamaan papillon. Karena nama papillon di ambil dari bahasa Prancis yang artinya kupu-kupu.

Anjing ini memiliki berat sekitar 2 hingga 5 kg, dengan tinggi kira-kira 20 hingga 27 cm. Ukuran papillon yang kecil membuatnya mudah di pegang. Itu mengapa banyak orang yang menjadikan mereka sebagai anjing pangkuan.

2. Sejarahnya di telusuri dari karya seni
6 Fakta Menarik Papillon, Anjing dengan Surai Mirip Kupu-kupuMadame de Ventadour with Louis XIV and his Heirs, pelukis tidak di ketahui (wikipedia.org)

Asal usul papillon dapat di telusuri melalui lukisan-lukisan pelukis termana dari setiap kawasan di Eropa Barat, yang di mulai pada tahun-tahun awal abad ke-16. Dari lukisan-lukisan ini papillon di percaya berasal dari ras spaniel kerdil.

Spaniel paling awal menyerupai papillon di temukan di Italia. Ini bisa di lihat dari lukisan Tiziano Vicelli tentang papillon sekitar tahun 1500, termasuk lukisan Venus of Urbino (1542).

Papillon di tampilkan dengan jelas dalam potret keluarga Louis XIV. Selain itu ia juga ada dalam lukisan keluarga kerajaan di seluruh Eropa dan lukisan keluarga kelas pedagang. Ini adalah bukti bahwa papillon menjadi anjing favorit keluarga raja dan bangsawan.

Bahkan ada cerita yang mengatakan bahwa Marie Antoinette memeluk anjing papillon kesayangannya ketika dia berjalan ke arah guillotine, alat eksekusi mati waktu itu.

3. Salah satu ras anjing paling cerdas
6 Fakta Menarik Papillon, Anjing dengan Surai Mirip Kupu-kupupapillon (pixabay.com/michelle_raponi)

Papillon terkenal cerdas dan percaya diri. Itu kenapa mereka dengan mudah dapat memelajari perintah atau trik dasar yang di berikan. Jiwa aktif dan pemikiran mereka yang tajam membuat papillon sangat cocok untuk mengikuti pelatihan atau kompetisi berbasis kelincahan.

Pelatihan sejak dini juga di perlukan untuk membentuk watak anjing ini. Jika tidak, mereka akan mengembangkan sikap keras kepalanya.

Papillon juga punya rasa ingin tahu dan kewaspadaan yang tinggi. Jadi jangan heran jika nanti anjing ini akan mengejar dan menyalak hewan-hewan pengerat atau burung-burung kecil yang masuk ke halaman rumah.

Papillon menganggap hal ini sebagai bentuk tanggung jawab mereka untuk melindungi orang-orang yang ada di rumah.