Sederet Alasan Kucing Keluarkan Air Liur Berlebihan, Ada Risiko Kanker!

Sederet Alasan Kucing Keluarkan Air Liur Berlebihan, Ada Risiko Kanker!

Sederet Alasan Kucing Keluarkan Air Liur Berlebihan, Ada Risiko Kanker! – Berbeda dengan anjing, kucing tidak mengeluarkan air liur dalam jumlah banyak. Biasanya air liur hanya di gunakan ketika kucing membersihkan badannya atau merasa jika ada beberapa bagian kulit tubuhnya terasa kering.

Jika kucing sampai meneteskan banyak air liur, kemungkinan besar ada yang salah dengan kesehatannya. Menurut Pet Health Network dan The Spruce Pets, setidaknya ada lima sebab kucing mengeluarkan banyak air liur, seperti berikut ini.

1. Adanya penyakit gigi dan mulut
5 Sebab Kucing Keluarkan Air Liur Berlebihan, Ada Risiko Kanker!
ilustrasi mulut kucing (pexels.com/Pixabay)

Iritasi mulut dan penyakit gigi dapat membuat kucing ngiler. Dalam kasus ini, air liur di gunakan untuk meredakan iritasi pada mulut atau tenggorokan. Sebanyak 85 persen kucing di atas tiga tahun mengeluarkan banyak air liur karena permasalahan gigi dan mulut.

Jika air liurnya di sertai dengan darah dan bau tidak sedap, ada risiko kesehatan gigi dan mulut yang serius, lho. Kalau ada indikasi seperti ini, sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan, ya.

2. Terdapat benda asing yang masuk ke dalam mulut atau tenggorokan
5 Sebab Kucing Keluarkan Air Liur Berlebihan, Ada Risiko Kanker!ilustrasi kucing makan (pixabay.com/NatashaG)

Rasa penasaran yang tinggi membuat kucing suka menggigit sesuatu yang menurutnya asing. Tanpa sengaja, ada benda kecil yang masuk ke dalam mulut. Jarum, rumput, atau tulang ikan kecil bisa saja masuk ke dalam mulut atau kerongkongan.

Kondisi ini membuat kucing merasa tidak nyaman dan tidak bisa menelan makanan secara normal. Biasanya, kucing akan mengibas dan mengentakkan kaki ke arah mulut. Kalau masih belum keluar juga, ia akan mencoba untuk mengeluarkan air liur sambil berusaha memuntahkan benda asing tersebut.

3. Mengalami rasa takut yang berlebihan
5 Sebab Kucing Keluarkan Air Liur Berlebihan, Ada Risiko Kanker!
ilustrasi kucing marah (pixabay.com/greghristov)

Ada beberapa kucing yang mengeluarkan air liur ketika merasa takut, marah, atau justru bersemangat. Namun, untuk menunjukkan rasa takut yang berlebihan, kucing akan muntah yang di sertai dengan air liur.

Di lansir laman pdsa, dalam kasus normal, air liur akan berhenti keluar jika kucing sudah merasa tenang. Nah, untuk menghentikan ketakutannya, kamu perlu menjauhkan dia dari hal yang menakutinya. Berikan ruang padanya dan menghubungi dokter hewan ketika rasa takutnya tak kunjung hilang.

4. Risiko kanker mulut
5 Sebab Kucing Keluarkan Air Liur Berlebihan, Ada Risiko Kanker!
ilustrasi kucing sakit (pixabay.com/aruggeri)

Meski terbilang jarang, air liur yang keluar berlebihan menandakan adanya kanker mulut. Permasalahan kesehatan yang satu ini bisa terjadi dari ujung lidah sampai belakang tenggorokan.

Kanker mulut ini bisa di tandai dengan timbulnya air liur yang berlebihan dan tidak kunjung usai. Untuk memastikannya, kamu perlu membawa kucing ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.