Mengenal Lebih Jauh Bahama Nuthatch, Burung Paling Langka di Dunia

Mengenal Lebih Jauh Bahama Nuthatch, Burung Paling Langka di Dunia

Mengenal Lebih Jauh Bahama Nuthatch, Burung Paling Langka di Dunia – Kalau berkata perihal burung yang langka, burung dari sebuah negara di Kepulauan Karibia ini adalah yang paling langka. Burung Bahama Nuthatch ini telah tidak dapat kamu memandang di alam liar lagi.

Lalu, apa yang membawa dampak burung ini punah? Simak informasinya di artikel ini.

1. Tidak terlihat di alam liar sejak 2016

Burung kecil berwarna coklat ini telah tidak dulu muncul di alam liar. Untuk mendapatkan sepasang burung Nuthatch ini, di perlukan dua kelompok penelitian. Selain itu, pencarian burung yang memiliki nama ilmiah Sitta insularis ini perlu kala tiga bulan. Kelompok penelitian ini menjelajahi hampir 700 kilometer hutan Bahama.

Mereka coba memanggil burung Bahama Nuthatch dengan berbagai cara. Kelompok yang di pimpin Matthew Gardner dan David Pereira berasal dari University of East Anglia ini melihat burung Nuthatch sebanyak enam kali, namun hanya sekali melihat terdapatnya burung yang berpasangan.

2. Hidup di pepohonan pinus

Burung Bahama Nuthatch hidup di pepohonan pinus yang ada di Bahama. Karena ukurannya yang kecil, burung ini ada problem untuk di lihat, Bulu yang berwarna coklat juga menunjang Bahama Nuthatch untuk berkamuflase di batang pinus.

3. Sempat di perkirakan punah

Hanya terlihat 23 individu burung Bahama Nuthatch pada 2007. Alasan hilangnya spesies burung ini adalah akibat badai yang sering terjadi. Setelah terjadinya Badai Matthew yang berjalan pada 2016, tidak tersedia burung yang terlihat lagi di alam liar.

Badai Matthew mengundang rusaknya yang kritis di sebagian negara. Angin sekencang 200 kilometer per jam ini merusak habitat burung ini dalam kuantitas besar. Lalu, Badai Dorian yang berjalan pada 2019 membuat ornitolog (ilmuwan yang mempelajari perihal burung) percaya bahwa burung Bahama Nuthatch punah.

4. Punahnya burung ini di akibatkan beberapa faktor

Selain badai yang sering terjadi, terdapat lebih dari satu segi yang membawa dampak burung ini nyaris punah. Spesies invasif jadi tidak benar satu segi yang membawa dampak burung ini punah. Lalu, pertumbuhan pariwisata Bahama juga membawa dampak habitat Burung Nuthatch ini makin hilang.

Upaya pengembang biakan burung ini juga tidak ada yang berhasil. Bahkan, cuma terdapat 12 spesimen Bahama Nuthatch yang ada di koleksi museum di semua dunia.