Deretan Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia Hingga Saat Ini

Deretan Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia Hingga Saat Ini

Deretan Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia Hingga Saat Ini – Indonesia populer dapat stempat bersama keanekaragaman hewan yang tinggi. Di perkirakan ada kira-kira 2.215 spesies hewan dan 8.000 spesies tumbuhan yang telah teridentifikasi, tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Jumlah ini membuat Indonesia jadi 3 besar negara di dunia bersama Brazil dan Zaire yang punyai keanekaragaman hayati paling tinggi. Yang menarik ialah dari ribuan spesies hewan berikut ada lebih dari satu hewan purba yang telah ada sejak jutaan th. yang lalu.

Beberapa di antaranya tidak mengalami pergantian signifikan. Penasaran bukan apa saja hewan tersebut? Mari di simak daftar hewan purba yang tetap hidup di Indonesia.

1. Belangkas (Horseshoe crab)
7 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia, Menakjubkan!

Belangkas atau Horseshoe Crab di juluki sebagai living fossil karena morfologinya yang tidak berubah sejak jutaan tahun yang lalu. Hewan ini di perkirakan telah hidup sejak 400 juta tahun yang lalu, lebih tua di bandingkan dinosaurus.

Ada tiga jenis spesies belangkas yang hidup di perairan Indonesia, yaitu Tachypleus tridentatusTachypleus gigas, dan Carcinoscorpius rotundicauda. Ketiga spesies ini di sebut juga dengan Asian horseshoe crab. Selain ketiga spesies ini, ada satu spesies lagi, yaitu Limulus polyphemus yang hidup di perairan Amerika Utara, di juluki juga dengan Atlantic horseshoe crab.

2. Komodo
7 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia, Menakjubkan!Komodo merupakan salah satu hewan endemik Indonesia.

Hewan bernama Latin Varanus komodoensis ini di juluki sebagai kadal terbesar di dunia. Komodo saat ini hanya hidup di Indonesia, tepatnya di wilayah Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Hewan ini di perkirakan telah ada sejak 30 juta tahun yang lalu.

Yang menarik dari komodo adalah komodo di ketahui memiliki kelenjar bisa. Bisanya akan di ekskresikan saat komodo mengigit mangsanya. Bisa tersebut dapat menyebabkan darah tidak bisa menggumpal dan menyebabkan kematian pada mangsanya.

3. Ikan Raja Laut (Coelecanth)
7 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia, Menakjubkan!Latimeria menadoensis yang dapat di jumpai di perairan Timur Indonesia.

Ikan yang bernama lain Coelecanth ini dulunya di nyatakan telah punah sejak 70 juta tahun yang lalu karena tidak pernah di temukan lagi. Akan tetapi, pada 1938, Coelecanth di temukan kembali di Mozambik dan Pulau Komoro dan di beri nama Latimeria chalumnae. Baru tahun 1998, ikan purba ini di temukan di Indonesia, tepatnya di wilayah pulau Manado Tua dan di beri nama Latimeria menadoensis.

Di Indonesia, Coelecanth memiliki nama lokal ikan raja laut. Penampilan ikan ini berbeda dengan ikan lainnya karena memiliki tujuh sirip dan siripnya memiliki daging. Coelecanth di sebut juga dengan living fossil atau fosil hidup karena tidak berubah sejak 400 juta tahun yang lalu.