Deretan Hewan Pahlawan bagi Tanaman & Jadi Sahabat Petani di Ladang 

Deretan Hewan Pahlawan bagi Tanaman & Jadi Sahabat Petani di Ladang

Deretan Hewan Pahlawan bagi Tanaman & Jadi Sahabat Petani di Ladang – Jika kamu menemukan serangga di kebun atau taman, jangan keburu di usir atau di bunuh, ya! Ternyata ada beberapa jenis hewan serangga yang justru bikin hama di sekitar tanaman jadi kabur, lho.

Beberapa jenis serangga nyatanya memang bermanfaat dalam membantu meningkatkan kesuburan tanaman dan hasil pertanian. Di lansir situs familyhandyman.com, berikut ini sederet hewan yang berguna bagi tanaman di kebun. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 1. Laba-laba
5 Hewan Pahlawan bagi Tanaman yang Jadi Sahabat Petani di Ladang ilustrasi laba-Laba (pexels.com/EmilyRose)

Peran laba-laba memang kurang begitu terkenal. Namun, ternyata hewan ini sangat berjasa dalam menjaga stabilitas ekosistem tumbuhan karena laba-laba justru akan memangsa serangga apa saja, mulai dari hama kutu daun, ulat grayak, wereng, dan lain-lain. Seekor laba-laba bisa memakan 5-15 serangga dalam sehari, lho!

Oleh karena itu, jika di kebun atau taman rumah kamu tak ada laba-laba, maka risikonya tanaman kamu bisa di serbu oleh pasukan hama. Tetapi kamu tak perlu khawatir karena laba-laba yang ada di kebun adalah jenis laba-laba yang tak beracun. Ada beberapa jenis laba-laba yang biasa di temui di lahan pertanian, antara lain laba-laba serigala, laba-laba bermata jalang, laba-laba berahang empat, dan masih banyak lagi.

2. Jangkrik
5 Hewan Pahlawan bagi Tanaman yang Jadi Sahabat Petani di Ladang ilustrasi jangkrik (pexels.com/DaneSam)

Kamu tidak perlu takut ketika melihat jangkrik karena serangga ini tidaklah berbahaya dan justru bisa menjaga keamanan dari kebun kamu. Bahkan, tidak sedikit orang yang dengan sengaja melepaskan beberapa jangkrik pada kebunnya untuk melawan serangga-serangga yang mengganggu tanaman di kebunnya.

Jangkrik merupakan musuh alami yang efektif untuk berbagai macam hama. Beberapa jenis hama yang menjadi favorit jangkrik adalah telur penggerek batang, ulat grayak, penggulung daun, wereng batang coklat, wereng hijau, dan masih banyak lagi.

3. Semut
5 Hewan Pahlawan bagi Tanaman yang Jadi Sahabat Petani di Ladang ilustrasi semut (pexels.com/EgorKamelev)

Jangan menyepelekan peran serangga kecil ini, ya. Justru kehadiran semut dapat membantu melindungi tanaman dari berbagai jenis hama, lho! Semut berfungsi untuk memakan hama, seperti ulat api, ulat kantung, kutu daun, belalang, dan serangga-serangga kecil lainnya yang dapat merusak tanaman kamu.

Peranan semut sebagai predator alami yang mampu mengeluarkan senyawa anti hama dapat membantu tanaman tumbuh dan berkembang sekaligus menekan populasi hama dalam skala luas. Salah satu contohnya adalah semut hitam yang berguna sebagai pengendali hama tanaman kakao serta mengusir hama tikus dan tupai.