Berikut Sederet Penyakit yang Paling Sering Dialami Kelinci, Yuk Dicegah!

Berikut Sederet Penyakit yang Paling Sering Dialami Kelinci, Yuk Dicegah!

Berikut Sederet Penyakit yang Paling Sering Dialami Kelinci, Yuk Dicegah! – Siapa pun pasti gemas saat melihat kelinci. Matanya yang bulat, bulunya yang halus serta hidung dan telinganya yang bergerak-gerak akan membuatmu jatuh hati. Namun, sama halnya dengan hewan peliharaan lain, kelinci juga rentan terserang penyakit.Lantas, penyakit apa saja yang paling banyak di alami oleh kelinci? Dan bagaimana cara mengatasinya? Geser layarmu ke bawah untuk mengetahuinya!

1. Gigi yang tumbuh berlebihan
Cegah 7 Penyakit yang Paling Sering Dialami Kelinci Ini
vcahospitals.com

Tahukah kamu kalau kelinci memiliki gigi berjenis hypsodont yang akan terus-menerus tumbuh? Bukan hanya kelinci, tetapi juga marmut dan kuda, ungkap laman The Spruce Pets. Berbeda dengan manusia yang memiliki gigi berjenis brachydont alias gigi pendek. Gigi kelinci mempunyai mahkota tinggi serta enamel memanjang melewati garis gusi.

Biasanya, kelinci akan menjaga giginya agar tidak tumbuh panjang dengan cara mengunyah tanaman berserat. Ini berfungsi untuk mengikis gigi depan supaya tidak tumbuh terlalu panjang.

Sebagai pemilik, kita bisa meminta bantuan dokter hewan untuk memotong giginya. Apabila di biarkan, ini bisa memicu masalah lain, seperti kehilangan nafsu makan, trauma pada gusi dan mulut serta kematian!

2. Pasteurellosis
Cegah 7 Penyakit yang Paling Sering Dialami Kelinci Inipetsone.pk

Penyakit ini di sebabkan oleh bakteri Pasteurella multocida dan bisa menular dari kelinci yang sakit pada kelinci yang sehat. Bakteri ini menyebabkan keluarnya cairan pada mata, bersin, mata kemerahan dan menyipitkan mata, ujar laman Vet West Animal Hospital. Telinga pun bisa terinfeksi, memicu abses dan infeksi rahim!

Untuk mengobatinya, dokter akan memberikan antibiotik pada kelinci. Jika ada abses, maka dokter akan menyarankan untuk di bedah.

Sementara, sebagai langkah pencegahan, kurangi stres dan karantina kelinci baru sebelum di gabung dengan kelinci lainnya. Selain itu, jaga kebersihan kandang kelinci setiap saat.

3. Gumpalan rambut
Cegah 7 Penyakit yang Paling Sering Dialami Kelinci Inithesprucepets.com

Bukan hanya kucing, kelinci juga bisa menghasilkan gumpalan rambut alias hairball. Ini terjadi ketika kelinci menjilat tubuhnya, lalu rambutnya tak sengaja tertelan ke dalam sistem pencernaannya, jelas laman Pets One. Harusnya, kelinci bisa memuntahkan gumpalan rambut ini, jika tidak, maka akan menjadi penghalang di usus kelinci.

Apabila tak di muntahkan, akan muncul beberapa gejala. Seperti kesulitan makan, lesu dan lelah. Jalan paling terakhir untuk mengeluarkan hairball adalah dengan operasi. Namun, kamu bisa mencegahnya dengan menyikat rambutnya secara teratur dan memberi makanan yang tinggi serat serta rendah karbohidrat, saran laman The Spruce Pets.